CONTOH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMP

TUJUAN DAN SKL SATUAN PENDIDIKAN

 

 

Tujuan Satuan Pendidikan Dasar yang meliputi : SD/MI/SDLB/Paket A dan SMP/MTs/SMPLB/Paket B adalah :

 

“Meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lanjut”.

 

 

 

 

SKL SATUAN PENDIDIKAN (SKL-SP) SMP/MTs

(Kompetensi yang harus dimiliki lulusan SMP/MTs)

 

Standar Kompetensi Lulusan SMP :

(Lihat Lampiran Per Mendiknas No. 23 Tahun 2006 untuk SMP/MTs/Paket B yang terdiri dari 21 item) :

 

  1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
  2. memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
  3. menunjukan sikap percaya diri.
  4. mematuhi aturan-aturan social yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas.
  5. menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan social ekonomi dalam lingkungan nasional.
  6. mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis dan keratif.
  7. menunjukan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif.
  8. menunjukan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
  9. menunjukan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  10. mendeskripsikan gejala alam dan social.
  11. memanfaatkan lingkungan secara bertanggungjawab.
  12. menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam negara Kesatuan RI.
  13. menghargai karya seni dan budaya nasional.
  14. menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
  15. menerapkan kehidupan bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
  16. berkomukinasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
  17. memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat.
  18. menghargai adanya perbedaan pendapat.
  19. menunjukan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana.
  20. menunjukan keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris sederhana.
  21. menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah

 

DAFTAR ISI

 

 

RUMUSAN TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN ……………………………………

RUMUSAN SKL SATUAN PENDIDIKAN …………………………………………

 

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN …………………………………………………

  1. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
  2. Visi SMP Negeri 2 Panyingkiran ………………………………………
  3. Misi ……………………………………………………………………….
  4. Tujuan Sekolah ………………………………………………………….

 

  1. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM ……………………………….
  2. Struktur Kurikulum Pendidikan ………………………………………..
  3. Muatan Kurikulum ………………………………………………………
  4. Pengaturan Beban Belajar
  5. Ketuntasan Belajar
  6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
  7. Pendidikan Kecakapan Hidup
  8. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
  9. Daftar Nama Guru …………………..

 

  1. KALENDER PENDIDIKAN …………………………………………………

 

  1. ANALISIS SK, KD, SILABUS DAN RPP ………………………………….

 

 

LAMPIRAN : SUSUNAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM SATUAN

PENDIDIKAN………………………………………………………….

 

 

KEPUTUSAN BERSAMA

KEPALA SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN DAN KOMITE SEKOLAH

NOMOR :

NOMOR :

 

TENTANG

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA KUASA

KEPALA SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

 

 

Menimbang :
  1. bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran serta tersedianya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di lungkungan SMP Negeri 2 Panyingkiran, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/Tingkat Sekolah (KTSP) yang sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah/satuan pendidikan yang berpedoman pada Standa Isi dan Standar Kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagaiana ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006.
  2. bahwa berdasarkan pertimbangan butir (a) di atas , Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) perlu dituangkan dalam Keputusan Kepala SMP Negeri 2 Panyingkiran.

 

Mengingat :  
  1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-undang RI Nomor 32 Tahun 2003 tentang Pemerintah Daerah.
  3. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  4. Peraturan Pemerintah Ri nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar.
  5. Peraturan Pemerintah RI nomor 38 Tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan.
  6. Peraturan Pemerintah RI Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom.
  7. Peraturan Pemerintah RI  Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  8. Keputusan MENPAN Nomor 84 Tahun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  9. Peraturan Mendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
  10. Peraturan Mendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kelulusan.
  11. Peraturan Mendiknas RI Nomor 24 Tahun 2006 tentang  Pelaksanaan Perturan Mendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, dan Perturan Mendiknas  RI Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kelulusan Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah.

 

Memperhatikan :  
  1. Visi-Misi dan Renstra Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka.
  2. Visi-Misi dan Renstra SMP Negeri 2 Panyingkiran.
  3. Kesepakatan hasil musyawarah guru SMP Negeri 2 Panyingkiran dan Komite Sekolah tanggal 27 Juli 2006.

 

       
       
       
       
       
       
       
       

M E M U T U S K A N

 

 

MENETAPKAN

:  
PERTAMA : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / Tingkat Sekolah di SMP Negeri 2 Panyingkiran, sebagaimana Lampiran I Keputusan ini.

 

KEDUA : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / Tingkat Sekolah di SMP Negeri 2 Panyingkiran, sebagaimana Lampiran I Keputusan ini, berlaku mulai tahun pelajaran 2006/2007 untuk semua tingkatan kelas VII, VIII dan IX.

 

KETIGA : Segala biaya yang timbul akibat kegiatan ini, dibebankan kepada anggaran yang sesuai.

 

KEEMPAT : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan catatan hal-hal yang belum diatur atau jika terdapat kekeliruan dalam Keputusan ini akan diatur dalam keputusan tersendiri dan diperbaiki sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

 

 

Ditetapkan di   : Panyingkiran

Tanggal           :       Juli 2006

 

Ketua Komite Sekolah                                    Kepala SMP Negeri 2 Panyingkiran

 

 

 

 

 

Maman Sudirman                                         Drs. Cece Jayadipura

Pembina Tk. I

Nip. 130794231

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

 

Majalengka,  31 Juli 2006

 

Ketua Komite Sekolah,                                               Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

 

MAMAN SUDIRMAN                                                            Drs. CECE JAYADIPURA

NIP. 130794231

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Dinas Pendidikan                                            Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Majalengka,                                              Prop. Jawa Barat,

 

 

 

 

 

 

Drs. H. KARNA SOBAHI, M.M.Pd                          DR. H. DADANG DALLY

Pembina Utama Muda                                               Pembina Utama Muda

NIP. 131289952                                                          NIP. 130449781

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KURIKULUM

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

( K T S P )

                                                                                                        SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

 

  1. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

F    Visi SMP Negeri 2 Panyingkiran :

 

TERBAIK DALAM PRESTASI, BERNUANSA RELIGIUS DAN TERDEPAN DALAM PEMBARUAN PENDIDIKAN”.

 

Adapun yang menjadi indikator Visi adalah sebagai berikut :

  1. Terbaik dalam prestasi akademik.
  2. Terbaik dalam berbagai lomba olahraga dan kesenian.
  3. Terdepan dalam kegiatan.
  4. Pelopor pembaruan.

 

F    Misi Satuan Pendidikan

  1. Melaksanakan pembelajaran PAKEM bagi semua guru dan siswa.
  2. Menumbuhkan motivasi siswa dengan potensi yang ada pada dirinya untuk berprestasi.
  3. Meningkatkan pembangunan fisik material dan mental spiritual berdasarkan keimanan danketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Mempelopori pembaruan pendidikan dalam semangat demokrasi.

 

F     Tujuan Sekolah dalam 5 Tahun

  1. Prestasi akademis yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.
  2. Prestasi bidang olahraga dari tahun ke tahun menunjukan prestasi yang baik.
  3. 90% siswa mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran yang dianutnya.
  4. Pelopor pembaruan pendidikan terdepandalam mewujudkan peningkatan mutu pendidikan.

 

  1. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
  2. Struktur Kurikulum Pendidikan di SMPN 2 Panyingkiran

Memuat 10 Mata Pelajaran Wajib, Muatan Lokal dak Kegiatan Pengembangan Diri dengan jumlah beban belajar siswa per minggu = 36 jan dengan rincian program kurikulum sbb :

 

 

KOMPONEN

Jml Jam/minggu

A. MATA PELAJARAN :

    1. Pendidikan Agama

2

    2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

    3. Bahasa Indonesia

4

    4. Bahasa Inggris

4

    5. Matematika

4

    6. Ilmu Pengetahuan Alam

4

    7. Ilmu Pengetahuan Sosial

4

    8. Seni Budaya

2

    9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

  10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

B. MUATAN LOKAL :

    1. Wajib   : Bahasa Sunda

2

    2. Pilihan : BTA

2

C. PENGEMBANGAN DIRI

2*

Jumlah Jam Per Minggu

36

 

* Equivalen 2 jam pelajaran.

 

  1. Muatan Kurikulum

Muatan Kurikulum Pendidikan di SMPN 2 Panyingkiran memuat 10 mata pelajaran wajib, 2 jenis muatan local dan kegiatan pengembangan diri :

  1. Mata Pelajaran Wajib meliputi 10 mata pelajaran sebagaimana tertera dalam Struktur Kurikulum.
  2. Muatan Lokal terdiri dari Mulok Wajib Bahasa Sunda dan pilihan BTA
  3. Kegiatan Pengembangan diri meliputi :

 

  • Pengembangan Diri untuk Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Pembiasaan yang terdiri dari :
  1. Pembiasaan Rutin :

1)    Pembiasaan Disiplin Upacara Bendera/ Apel Senin Pagi.

2)    Pembiasaan Sholat Berjamaah/ Sholat Jum’at.

3)    Pembiasaan membaca surat pendek sebelum KBM.

4)    Pembiasaan Berdo’a sebelum dan sedudah belajar.

5)    Pembiasaan Budaya Bersih, sehat dan lingkungan nyaman.

6)    Pembiasaan budaya dan minat baca di perpustakaan.

 

  1. Pembiasaan Terprogram :

1)    Kegiatan Pesantren kilat / Peningkatan IMTAQ.

2)    Pekan kreatifitas, seni dan olahraga antar kelas.

3)    Pemahaman dan hafalan Surat-surat pendek dalam Al Qur’an.

4)    Pembentukan cara berfikir dan sikap ilmiah.

 

 

 

  1. Pembiasaan Spontan :

1)    Pembiasaan mengucapkan/ memberi salam.

2)    Pembiasaan berdo’a / menjawab do’a ketika berbangkit.

3)    Pembiasaan membuangsampah pada tempatnya.

4)    Pembiasaan sikap ramah dansalam ketika bertemu/ ada tamu.

5)    Pembiasan hidup antre.

6)    Pembiasaan kesetiakawanan social dan berjiwa social.

7)    Pembiasaan minta maaf dan berterima kasih.

 

  1. Pembiasaan Keteladanan :

1)    Pembiasaan berpakaian rapi dan berseih serta menarik.

2)    Pembiasaan “On Time” dalam segala kegiatan.

3)    Pembiasaan berkata dan bertutur kata yang baik dan sopan.

4)    Pembiasaan penampilan hidup sederhana.

 

  • Pengambangan Diri untuk Pengembangan Minat dan Bakat Siswa :
  1. Pengambangan Bakat Seni dan Olahraga bela diri.
  2. Pengembangan bakat seni sunda dan karawitan.
  3. Pengembangan bakat olahraga pilihan dan olahraga prestasi.

 

  • Pengembangan Diri melalui prestasi kegiatan ekstrakurikuler :
  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Palang Meereah Remaja (PMR).

 

  • Pengambangan Diri melalui layanan bimbingan :
  1. Layanan masalah pribadi.
  2. Layanan belajar.
  3. Layanan karir masa depan.
  4. Layanan khusus.

 

  1. Pengaturan Beban Belajar
    1. Beban belajar digunakan adalah SISTEM PAKET.
    2. Jumlah jam pelajaran per minggu sebanyak = 36 jam pejaran dengan pengaturan alokasi jam untuk setiap mata pelajaran sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
    3. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah 35% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
    4. Alokasi waktu pembelajaran 45 menit setiap jam pelajaran.
    5. Alokasi waktu praktek diatur dengan ketentuan bahwa 2 jam praktek di sekolah setara dengan satu jam tatap muka dan 4 jam praktek di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka.

 

  1. Ketuntasan Belajar

Ketuntasan belajar siswa pada setiap mata pelajaran ditentukan dengan berdasarkan SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan ketentuan bahwa siswa dinyatakan lulus atau tuntas jika dalam setiap uji kompetensi memiliki nilai ujian pada setiap KD mata pelajaran sebagaimana table berikut ini :

 

KOMPONEN

SKBM/KKM

A. MATA PELAJARAN / TINGKAT KELAS

VII

VIII

IX

1. Pendidikan Agama

70.0

70.0

70.0

2. Pendidikan Kewarganegaraan

68.0

70.0

70.0

3. Bahasa Indonesia

70.0

70.0

72.0

4. Bahasa Inggris

65.0

67.5

67.5

5. Matematika

60.0

65.0

67.5

6. Ilmu Pengetahuan Alam

60.0

65.0

68.0

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

65.0

67.0

70.0

8. Seni Budaya

67.5

70.0

70.0

9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

70.0

70.0

70.0

10. Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK)

65.0

65.0

70.0

B. MUATAN LOKAL

1. Wajib    : Bahasa Sunda

70.0

70.0

70.0

 

 

  1. Kenaikan Kelas dan Kelulusan

1.   Kenaikan KElas

Kenaikan kelas dilaksanakansetiap tahun dengan ketentuan siswa dinyatakan naik kelas jika memenuhi criteria sbb :

1)    Siswa telah menyelesaikan / menuntaskan seluruh program/aspek pada semua indicator, KD dan SK pada semua mata pelajaran sebagaimana ketentuan SKBM / KKM di atas.

2)    Kehadiran siswa minimal 75%.

3)    Perilaku / sikap dengan criteria baik sesuai standar sekolah.

4)    Tidak tersangkut perkelahian, tindak kriminal dan penggunaan narkoba.

  1. Kelulusan Siswa dari Satuan Pendidikan

Kelulusan siswa dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan / dinyatakan tuntas semua program pembelajaran dari kelas VII, VIII dan IX dengan ketentuan siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan SMPN 2 Panyingkiran.

1)    Siswa telah menyelesaikan / menuntaskan seluruh program/aspek pada semua indicator, KD dan SK pada semua mata pelajaran sebagaimana ketentuan SKBM / KKM di atas.

2)    Kehadiran siswa minimal 75%.

3)    Perilaku / sikap dengan criteria baik sesuai standar sekolah.

4)    Tidak tersangkut perkelahian, tindak kriminal dan penggunaan narkoba.

5)    Lulus Ujian Sekolah dengan standar nilai minimum = 5,00

6)    Lulus Ujian Nasional dengan standar nilai minimum = sesuai ketentuan.

 

  1. F.    Pendidikan Kecakapan Hidup

Pendidikan Kecakapan Hidup ( Life Skills) yang dilaksanakan untuk menunjang masa depan dan keterampilan hidup siswa diantaranya adalah:

  1. Keterampilan Berbahasa Asing (bahasa Inggris)
  2. Keterampilan Komputer
  3. Seni Karawitan Degung.

 

  1. G.   Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global.
    1. Pendidikan Keunggulan Berbasis Lokal yangdikembangkan di SMPN 8 Tasikmalaya adalah Seni Karawitan Degung.
    2. Pendidikan Keunggulan Berbasis Global yang dikembangkan meliputi :
      1. Keterampilan Berbahasa Asing (bahasa Inggris)
      2. Keterampilan Komputer.
      3. Keterampilan Internet.

 

  1. H.    Daftar Nama Guru

No

N a m a

NIP

Gol/ Ruang

Mata Pelajaran

1

Drs. CECE JAYADIPURA

130794231

VI/b

Kepala Sekolah

2

ADANG SUPRIATNA, S.Ag

131545599

VI/a

PAI, Bahasa Sunda

3

IDRO SUKARDI, S.Pd

131011472

VI/a

Geografi, Bahasa Sunda

4

YUYUH RISKADIANA

131849469

VI/a

Komputer, KTK

5

EDI JUNAEDI, S.Pd

131454717

III/d

B. Indonesia, Sejarah

6

SAAD, S.Pd

131650042

III/d

Bahasa Sunda, Komputer

7

ENCENG FUROJI, S.Pd

131723706

III/d

Penjaskes

8

DEDI SUNIARDI, S.Pd

131441072

III/d

Penjaskes

9

EUIS YULIANINGSIH

131852391

III/d

Kesenian, IPS

10

HARYANTO,S .Pd

132198674

III/d

Matematika

11

A. ARDIPRAWIRA, S.Pd

132198568

III/d

B. Indonesia

12

DEDI MULYADI, S.Pd

132277145

III/c

PKn

13

ADE MULYADI, S.Pd

III/b

Matematika

14

WAWAN RIDWAN, S.Ag

150345169

III/a

PIA, Geografi

15

LULUK PARTINI, S.Pd

480146887

II/c

B. Indonesia

16

DEWI HARTINI, S.Pd

-

-

Biologi

17

B. DIANA RAHMAWATI, SE

-

-

Ekonomi, Geografi

18

ASEP ISKANDAR, S.Ag

-

-

Fisika

19

YAYA CAHYA, S.Ag

-

-

Matematika

20

ARIP KURNIAWAN, S.Pd

-

-

Matematika

21

OOH ROHMAWATI, S.PdI

-

-

B. Inggris

22

ENTIN RUSTINI,S .Pd

-

-

B. Inggris

23

ANDI HERMANSYAH

-

-

Fisika, Komputer

 

  1. Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan SMPN 2 Panyingkiran disusun berdasarkan Kalender Nasional (PerMendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Bab IV), PerMendiknas Nomor 025/O/2002 serta Kalender Pendidikan Dinas Pendidikan Privinsi dan Kabupaten yang disesuaikan dengan program sekolah, dengan rincian sbb:

 

Semester

Jumlah Minggu

Minggu Tidak Efektif

Minggu Efektif

1

23

6

17

2

26

6

20

 

No

Uraian Kegiatan

Semester 1

Semester 2

1

Hari pertama masuk / MOS 17 Juli 2006 2 Januari 2007

2

KBM Efektif Tatap Muka 20 Juli 2006- -

3

Uji Kompetensi/Ujian Blok I 11-16 Sept 2006 12-17 Maret

4

Penyerahan LHBS tengah smt. 22 Sept 24 Maret

5

Uji Kompetensi Akhir smt / Blok II 11-16 Des 2006 18-23 Juni 2007

6

Penyerahan buku raport 23 Desember 30 Juni

7

Libur jeda antar semester 26 Des – 6 Jan 2-4 Juli

8

Libur selama Ramadhan 23-30 Sept -

9

Libur Khusus Idul Fitri 16-28 Okt. -

 

  1. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lebih lanjut dikembangkan oleh setiap guru mata pelajaran dengan berpedoman pada KD, SK, SKLMP, SKKMP, SKLSP, Tujuan Satuan Pendidikan, Tujuan Umum dan Visi Pendidikan Nasional serta Tujuan Nasional.

 

 

 

 

Panyingkiran, 31 Juli 2006

Ketua Komite Sekolah                                                Kepala Skeolah,

 

 

 

 

Maman Sudirman                                                     Drs. Cece Jayadipura

Nip. 130 794 231

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

 

 

 

Kepala Dinas Pendidikan                               Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Majalengka,                                                  Prop. Jawa Barat

 

 

 

 

Drs. H. KARNA SOBAHI, M.M.Pd                                DR. H. DADANG DALLY

Pembina Utama Muda                                               Pembina Utama Muda

NIP. 131289952                                                         NIP. 13044978

 

KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

Nomor : 800/009/SMPN.2/2005

 

Tentang

 

SUSUNAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

TINGKAT SEKOLAH

SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

PERIODE 2005/2006 – 2007/2008

 

KEPALA SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

Menimbang :
  1. Bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran serta tersedianya kurikulum tingkat satuan pendidikan di lingkungan SMP Negeri 2 Panyingkiran, diperlukan Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / Tingkat Sekolah.
  2. Bahwa berdasarkan pertimbangan butir (a) di atas, perlu dituangkan dalam Keputusan Kepala SMP Negeri 2 Panyingkiran.

 

Mengingat :
  1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-undang RI Nomor 32 Tahun 2003 tentang Pemerintah Daerah.
  3. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  4. Peraturan Pemerintah Ri nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar.
  5. Peraturan Pemerintah RI nomor 38 Tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan.
  6. Peraturan Pemerintah RI Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom.
  7. Peraturan Pemerintah RI  Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  8. Keputusan MENPAN Nomor 84 Tahun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

 

Memperhatikan :
  1. Visi-Misi dan Renstra Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka.
  2. Visi-Misi dan Renstra SMP Negeri 2 Panyingkiran.
  3. Kesepakatan hasil musyawarah guru SMP Negeri 2 Panyingkiran tanggal 31 Juli 2006.

 

 

 

 

 

MEMUTUSKAN
Menetapkan :  
PERTAMA : Susunan Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/ Tingkat Sekolah di SMP Negeri 2 Panyingkiran, sebagaimana Lampiran I Keputusan ini.
KEDUA : Rincian Tugas Pokok, Fungsi dan Kewenangan Tim Pengambang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / Tingkat Sekolah SMP Negeri 2 Panyingkiran, sebagaimana Lampiran II Keputusan ini.
KETIGA : Segala biaya yang timbul akibat kegiatan ini, dibebankan kepada angaran biaya yang sesuai.
KEEMPAT : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan catatan hal-hal yang belum diatur atau jika terdapat kekeliruan dalam Keputusan ini akan diatur dalam keputusan tersendiri dan diperbaiki sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

Ditetapkan di   : Panyingkiran

Pada tanggal   : 31 Juli 2006

 

Kepala SMP Negeri 2 Panyingkiran

 

 

 

 

 

Drs. Cece Jayadipura

Pembina Tk. I

NIP. 130794231

 

 

 

LAMPIRAN II : KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

                         Nomor : 800/009/SMPN.2/2005

 

 

 

Rincian Tugas Pokok, Fungsi dan Kewenangan Tim Pengembang Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan/ Tingkat Sekolah SMP Negeri 2 Panyingkiran

 

 

  1. Mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan sesuai dengan potensi satuan pendidikan, potensi/ karakteristik daerah, potensi social budaya masyarakat setempat serta potensi peserta didik.
  2. Melaksanakan kajian analisis terhadap dokumen-dokumen Kurikulum Nasional yang meliputi Kerangka Dasar Kurikulum, Standar Kompetensi, Standar Lulusan dan Standar Isi, sebagaimana amanat Perturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 dan dokumen pendukungnya.
  3. Menjabarkan secara operasional standar kompetensi yang telah ditetapkan secara nasional menjadi kompetensi-kompetensi dan indicator hasil belajar yang harus dicapai anak didik, disesuaikan dengan kondisi dankebutuan masing-masing sekolah atau masyarakat.
  4. Merumuskan Visi, Misi dan Strategi pencapaian kompetensi setiap Mata Pelajaran.
  5. Menentukan standar pencapaian kompetensi 9SKBM) untuk setiap mata pelajaran.
  6. Menyusun/ merumuskan silabus satuan pendidikan untuk setiap mata pelajaran.
  7. Mengembangkan model-model aplikatif pembelajaran yang bermakna, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  8. Mengembangkan dan menganalisis materi atau bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan, kompetensi serta memenuhi criteria bahan ajar yang bemakna yaitu relevan, konsisten dan berkecukupan.
  9. Mengembangkan tehnik tagihan dan penilaian hasil belajar berkeseinambungan sesuai dengan kondisi siswa yang bersifat komprehensif meliputi tagihan/ penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor sebagai satu kesatuan utuh.
  10. Mengembangkan alat, media dan sarana prasarana pendukung pembelajaran yang menunjang optimalisasi proses dan hasil belajar dan pencapaian komptensi.
  11. Mengembangkan tehik-tehnik analisis hasil belajar untuk mengevaluasi kenamajuan belajar dan pencapain kompetensi siswa.
  12. Mengembangkan langkah-langkah tindak lanjut kemajuan belajar siswa diantaranya remedial ketuntasa belajar, pengayaan dan akselerasi kompetensi.
  13. Menyusun dan mengembangkan Kalender Pendidikan operasional untuk tingkat Satuan Pendidikan.

 

 

 

Ditetapkan di   : Panyingkiran

Pada tanggal   : 31 Juli 2006

 

Kepala SMP Negeri 2 Panyingkiran

 

 

 

 

 

Drs. Cece Jayadipura

Pembina Tk. I

NIP. 130794231

 

 

URAIAN TUGAS (JOB DESCRIPTIONS)

JARINGAN KURIKULUM

TIM PENGEMBANG KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN

SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

 

 

 

 

  1. Komite Sekolah, memiliki tugas, peran dan fungsi :
    1. Bersama-sama pihak sekolah dan stakeholders merencanakan program sekolah dan peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.
    2. Memberi dukungan terhadap pengadaan sarana prasarana KBM yang bermutu.
    3. Menfasilitasi terlaksananya program-program khusus untuk meningkatkan kualitas SDM, Guru dan Pengelola Sekolah.
    4. Memahami penerapan kurikulum satuan pendidikan
    5. Memberi masukan tentang muatan kurikulum sekolah yang sesuai dengen kebutuhan.
    6. Turut memantau pelaksanaan kurikulum satuan pendidikan.
    7. Turut mengevaluasi terhadap keterlaksanaan kurikulum satuan pendidikan.
    8. Bersama pihak sekolah melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum.

 

  1. Kepala Sekolah, memiliki tugas, peran dan fungsi :
    1. Membentuk organisai Jaringan/Pengembang Kurikulum Satuan Pendidikan.
    2. Membimbing, mengarahkan, mengevaluasi serta mengendalikan Tim Pokja pengembang Kurikulum Satuan Pendidikan.
    3. Melakukan evaluasi diri melalui perencanaan dan evaluasi program.
    4. Melakukan komunikasi dengan stakeholders.
    5. Melakukan negoisasi dengan pihak lain dalam penyelenggaraa pendidikan.
    6. Memberikan motivasi kepada guru dan stakeholders.
    7. Melakukan promosi program sekolah kepada stakeholders.
    8. Memberi pembekalan secara khusus kepada Tim Pokja Pengembang Kurikulum dalam memahami tugas dan tanggungjawabnya.
    9. Memberi pembekalan kepada guru dalam menyusun silabus dan pengujian.
    10. Mengagendakan program pembinaan dan pengembangan guru.
    11. Membuat kebijakan tetang Kurikulum Satuan Pendidikan.
    12. Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap program dan kinerja Tim Pokja Pengembang Kurikulum Satuan Pendidikan.

 

  1. Ketua Tim Pokja Pengembanng Kurikulum, memiliki tugas, peran dan fungsi :
    1. Mengkoordinir semua kegiatan Tim Pokja Pengembanga Kurikulum Satuan Pendidikan.
    2. Membantu tugas-tugas Kepala Skeolah untuk menjamin keterlaksanaan kurikulum.
    3. Membantu Kepala Sekolah untuk menjamin tersedianya :

(1). Dokumen Standar Kompetensi setiap mata pelajaran.

(2). Dokumen Silabus pembelajaran yang lengkap dan benar.

(3). Dokumen perangkat penilaian.

(4). Program kerja Tim Pokja Pengembang Kurikulum Satuan Pendidikan.

(5). Laporan hasil belajar secara berkala dan berkesinambungan.

  1. Membantu Kepala Sekolah untuk menjamin terlaksananya :

(1). Pertemuan rutin tim Pokja pengembang Kurikulum.

(2). Evaluasi pelaksanaan program kerja tim Pokja Pengembang

Kurikulum.

(3). Monitoring, evaluasi dan tindak lanjut pengembangan kurikulum.

 

 

 

 

 

 

  1. Sekretaris Tim, memiliki tugas, peran dan fungsi :
    1. Melaksanakan tugas-tugas kesekretariatan dan surat menyurat.
    2. Membuat pencatatan tentang rekaman kegiatan Tim Pokja pengembang kurikulum.
    3. Mengagendakan jadwal kegiatan pertemuan Tim.
    4. Membantu Kepala Sekolah dan Ketua Tim dalam melaksanakan program kerja Tim.
    5. Mendokumentasikan perangkat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
    6. Mendokumentasikan hasil-hasil penilaian dan evaluasi kurikulum.
    7. Mendokumentasikan rencana tindak lanjut dan pengembangan kurikulum.

 

  1. Bendahara Tim, memiliki tugas, peran dan fungsi :
    1. Membuat perencanaan anggaran yang berhubungan dengan kegiatan Tim Pokja Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan sesuai alokasi dan yang tersedia.
    2. Melakukan pengelolaan, penerimaan dan pengeluaran anggaran secara transparan dan akuntabel.
    3. Melakukan pencatatan, pembukuan keuangan sesuai ketentuan yang berlaku.
    4. Menyusun laporan pertanggung jawaban keuangan.
    5. Membantu Kepala Sekolah dan Tim dalam melaksanakan program kurikulum.

 

  1. Koordinator Mata Pelajaran, memiliki tugas, peran dan fungsi :
    1. Melakukan koordinasi dengan Tim Pokja Pengembang Kurikulum Satuan Pendidikan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum di sekolah.
    2. Mengkoordinir guru-guru di tingkat MGMP Sekolah untuk menjamin tersedianya :
      1. Analisis SK, KD SKBM/KKM.
      2. Dokumen Silabus dan Sistem Penilaian.
      3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
      4. Perangkat Pembelajaran yanglainnya.
      5. Menyusun dan melaksanakan jadwal pertemuan MGMP dan Tim Pokja.
      6. Mengembangkan model-model pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan (PAKEM).
      7. Mengembangkan model-model pengujian/tagihan penilaian yang komprehensif.
      8. Melaporkan kegiatan dan hasil pengembangan kurikulum kepada Ketua Tim.

 

  1. Guru, Staf Tata Usaha dan Pengelola Kegiatanmemiliki tugas, peran dan fungsi :
    1. Melaksanakan kegiatan dan program kerja kurikulum.
    2. Mendukung keberhasilan pelaksanaan kurikulum satuan pendidikan.
    3. Mengembangkan dan mengoperasikan SK, KD menjadi indicator-indikator pembelajaran yang menggambarkan kompetensi siswa.
    4. Mengembangkan model silabus dan penilaian berkesinambungan.
    5. Mengembangkan model-model pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan (PAKEM).
    6. Mengoptimalkan implementasi PBM/KBM yang bermutu.
    7. Mengambangkan bahan ajar yang bermakna bagi sisa
  1. Mengembangkan media pembelajaran yang konstruktif dan inovatif.
  2. Mengambangkan model-model pengujian/tagihan penilaian yang komprehensif.
  3. Memfasilitasi keterlaksanaan model remedial, pengayaan dan akselerasi.
  4. Mengembangkan inovasi pembelajaran.

 

 

 

 

 

Ditetapkan di   : Panyingkiran

Pada tanggal   : 31 Juli 2006

 

Kepala SMP Negeri 2 Panyingkiran

 

 

 

 

 

Drs. Cece Jayadipura

Pembina Tk. I

NIP. 130794231

 

 

 

LAMPIRAN I : KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 PANYINGKIRAN

Nomor            : 800/009/SMPN.2/2005

Tentang          : Susunan Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan

  Pendidikan / Tingkat Sekolah di SMP Negeri 2

  Panyingkiran

 

 

No

Jabatan

Nama / NIP

Jabatan Dinas

Kualifikasi Pendidikan

1

Penanggung Jawab Drs. CECE JAYADIPURA

NIP. 130794231

Kepala Sekolah  

       

       

       

       

       

       

       

       

       

 

 

 

 

Ditetapkan di   : Panyingkiran

Pada tanggal   : 31 Juli 2006

 

Kepala SMP Negeri 2 Panyingkiran

 

 

 

 

 

Drs. Cece Jayadipura

Pembina Tk. I

NIP. 130794231

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s